Pada pertemuan sebelumnya telah dipaparkan beberapa contoh olahraga yang dipraktekkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Perlu diketahui, bahwa ahli kesehatan profesional merekomendasikan anak-anak usia sekolah untuk berolahraga minimal 30-60 menit setiap hari. Sedangkan untuk anak-anak yang lebih kecil, disarankan untuk melakukan olahraga dengan porsi waktu yang sama, tapi dibagi-bagi sepanjang hari.

Sebagai orangtua, jadikan diri Anda contoh baik bagi si kecil dengan aktif berolahraga. Anak usia empat sampai tujuh tahun yang memiliki ibu aktif, cenderung dua kali lebih aktif daripada anak-anak yang ibunya malas berolahraga. Dan jika ayah si kecil juga aktif berolahraga, maka si kecil juga akan lebih aktif lagi.

Memulai pengalaman aktifitas fisik lebih awal, bisa membantu anak-anak untuk mengerti bahwa olahraga itu menyenangkan, dan merupakan salah satu pondasi penting bagi masa depan mereka. Untuk menyemangati anak Anda, tekankan kegiatan bermain yang melibatkan aktifitas fisik, alih-alih langsung berolahraga. Lakukan kegiatan yang si kecil sukai dan sesuai dengan Anda, baik dari segi waktu atau biaya.

Anak-anak menyesuaikan aktivitas mereka dengan kemampuannya masing-masing. Berikut sejumlah cara agar orang tua dapat mendorong anak mereka untuk lebih aktif :

  1. Cobalah untuk melakukan kegiatan aktif bersamaseluruh anggota keluarga di akhir pekan.  Misalnya pergi ke taman bermain, atau sekedar jalan-jalan santai di sekitar rumah.
  2. 2.Dukung lingkungan anda membuat peraturan tentang pembuatan area aman untuk bermain, bersepeda dan berjalan-jalan.
  3. 3.Cobalah untuk memberikan anak-anak Anda kebebasan yang amansebanyak mungkin, untuk membangun kemandiriannya. Dan biarkan si kecil memiliki petualangan mereka sendiri untuk aktif secara fisik. Tentunya sambil diawasi oleh orang tuanya.
  4. 4.Jika Anda pindah rumah, pastikan lingkungan baruAnda adalah tempat yang aman untuk anak-anak bermain di luar.

Manfaat olahraga untuk anak :

  1. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Karena dengan olahraga, anak-anak akan aktif bergerak, sehingga dapat membakar kalori dan mengurangi resiko terkena penyakit yang disebabkan oleh obesitas.
  2. Tempat bersosialisasi. Apabila anak mengikuti olahraga, dapat menanamkan pada anak kita bagaimana mereka harus bersosialisasi dengan orang lain. Karena apabila olahraga yang diikutinya adalah olahraga beregu atau tim, mereka diharuskan untuk kompak dengan satu timnya. Sehingga membantu anak kita untuk lebih mudah berteman dan bersosialisasi.
  3. Mendorong anak untuk belajar sportif. Dengan mengikuti olahraga, akan melatih anak untuk belajar sportif. Karena dalam pertandingan olahraga, biasanya ada yang menang dan ada yang kalah. Ketika si anak kalah dalam pertandingannya, maka dia harus dapat menerimanya dan harus bangkit kembali untuk mencapai kemenangan.
  4. Membangun rasa percaya diri pada anak.Dengan olahraga, dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri pada anak ketika si anak berhasil mengukir prestasi dalam olahraga, dengan memenangkan pertandingan olahraganya.
  5. Meningkatkan kerjasama yang baik.Olahraga dapat meningkatkan kerjasama yang baik. Apabila olahraga yang diikutinya adalah olahraga beregu atau tim. Karena si anak diharuskan bekerjasama agar mendapatkan hasil pertandingan olahraga yang baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here