Silsilah Fiqih Pendidikan Anak – No: 49

ANAK DAN DASAR-DASAR KEILMUAN*

 

Tanamkanlah kepada anak kecintaan terhadap ilmu dan ajarkan adab-adabnya. Sampaikan kepada anak hadits Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Mencari ilmu hukumnya wajib atas setiap muslim”. HR. Ibnu Majah dari Anas bin Mâlik radhiyallahu’anhu, dan dinyatakan sahih oleh Syaikh al-Albâni.

Jelaskan padanya bahwa ilmu laksana cahaya. Orang yang tak punya ilmu akan hidup dalam kegelapan. Tidak tahu jalan mana yang harus ia tempuh dan apa yang harus ia lakukan saat menghadapi masalah.

Terangkan bahwa kebutuhan kita terhadap ilmu jauh lebih besar daripada kebutuhan kita terhadap makan dan minum. Sebab dalam sehari semalam kita makan hanya tiga kali. Adapun ilmu selalu kita butuhkan di setiap saat.

Jelaskan pula bahwa orang yang berilmu akan diangkat derajatnya oleh Allah, baik di dunia maupun di akhirat. Sebagaimana diterangkan dalam firman-Nya,

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ آمَنُوْا مِنْكُمْ وَالَّذِيْنَ أُوْتُوْا الْعِلْمَ دَرَجَات

Artinya: “Niscaya Allah akan meninggikan derajat orang-orang beriman dan berilmu beberapa derajat”. QS. Al-Mujadilah (58): 11.

Ilmu adalah sesuatu yang harus kita miliki sebelum kita berbicara dan berbuat.

Kebaikan hidup di dunia dan di akhirat hanya dapat diraih dengan ilmu. Dalam sebuah hadits sahih Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam menjelaskan,

مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ

“Barang siapa yang Allah kehendaki untuknya kebaikan; niscaya Allah akan karuniakan padanya pemahaman terhadap agama“. HR. Bukhari dan Muslim dari Mu’awiyah radhiyallahu ’anhu.

Sampaikan juga kepada putra-putri kita bahwa barangsiapa menuntut ilmu agama, niscaya Allah akan mudahkan jalannya menuju surga. Sebagaimana diterangkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam,

“وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ”

“Barang siapa yang meniti jalan untuk mencari ilmu; maka niscaya Allah akan mudahkan untuknya jalan ke surga”. HR. Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.

 

@ Pesantren “Tunas Ilmu” Kedungwuluh Purbalingga, 11 Jumadal Ula 1436 / 2 Maret 2015

* Dinukil dengan sedikit perubahan oleh Abdullah Zaen, Lc., MA dari buku Mencetak Generasi Rabbani karya Ust Ummu Ihsan dan Abu Ihsan (hal. 111-113).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here