JANGAN SALAH PILIH

Oleh Abdullah Zaen, Lc., MA

Kita hidup di dunia ini selalu dihadapkan dengan pilihan. Mulai dari hal kecil, seperti memilih sayur atau buah saat belanja harian. Hingga hal yang prinsipiil, seperti memilih keyakinan.

Muslim bijaksana adalah yang selalu memiliki pertimbangan matang, sebelum menjatuhkan pilihannya. Apalagi bila terkait dengan prinsip hidup atau hajat orang banyak. Sebab setiap pilihan itu pasti memiliki konsekwensi. Ada yang konsekwensinya berat dan panjang. Adapula yang konsekwensinya ringan dan bersifat sesaat.

Di antara bentuk pilihan yang akan kita hadapi esok hari, adalah memilih pemimpin negeri tercinta ini. Ada di antara kita yang telah menentukan pilihannya, dan ada pula yang belum menentukannya.

Dalam menetapkan pilihan, kita tidak boleh asal-asalan. Sebab ada pertanggungjawaban dan konsekwensinya. Jika pilihannya tepat, maka insyaAllah kita akan menikmati dampak positif bagi negeri ini. Namun bila kita salah pilih, maka penderitaanlah yang akan menanti. Na’udzubillah min dzalik…

Calon pemimpin yang layak dipilih adalah calon yang berkompeten. Yakni yang memiliki kriteria keimanan, fisik yang kuat, pengetahuan yang luas, amanah yang teruji dan berkarakter penyayang. Adapun yang tidak layak dipilih adalah yang tidak memiliki kriteria-kriteria di atas.

Sangat rugi bila kita memilih hanya berdasarkan bayaran uang atau sembako. Yang sejatinya bakal habis hanya dalam hitungan bulan, bahkan hari. Setelah itu hidup akan susah kembali, selama sekian tahun ke depan.

Sejatinya penggelontoran dana dan sembako dengan tujuan mempengaruhi pilihan rakyat, adalah bentuk upaya pembodohan masyarakat. Sebab mereka dilatih untuk tidak bersikap kritis dalam menentukan pilihannya. Ibarat disuapi permen manis agar ketagihan, lalu akibatnya menderita penyakit diabetes berkepanjangan.

Sangat rugi pula jika kita menentukan pilihan hanya karena terpengaruh gimik atau trik rekayasa penarik perhatian. Ketahuilah bahwa hal yang terpenting itu adalah gagasan-gagasan cerdas dan ide-ide bernas yang disampaikan. Bukan gimik murahan.

Pesantren “Tunas Ilmu” Kedungwuluh Purbalingga, 28 Rajab 1445 l 9 Februari 2024

AGEN KEBAIKAN
REG:NAMA#JENIS KELAMIN#KOTA = 0812-2291-0404

Facebook
www.facebook.com/UstadzAbdullahZaen/

Telegram
https://t.me/ustadzabdullahzaen

Soundcloud
https://soundcloud.com/ustadzabdullahzaen

Instagram
https://www.instagram.com/abdullahzaenofficial/

Youtube
https://www.youtube.com/c/ustadzabdullahzaenma