Pelaksanaan pemotongan hewan qurban pondok pesantren Tunas Ilmu 1443 H

Purbalingga – Pelaksanaan pemotongan hewan qurban pondok pesantren Tunas Ilmu dilaksanakan pada hari Senin, 11 Juli 2022 atau yang bertepatan pada tanggal 11 Dzullhijjah 1443 H di halaman gedung Griya Qur’an..

Pada hari sebelumnya, telah diadakan pelatihan penyembelihan hewan qurban yang disampaikan oleh ustadz Abdullah Zaen, Lc,. MA hafidzohullah Yang mana dalam pelatihan tersebut dijelaskan tentang keutamaan qurban, syarat menyembelih hewan qurban, tata cara menyembelih sampai tahapan dalam memproses hewan qurban.

Untuk pelaksanaan pemotongan hewan qurban dimulai pada jam 05.30 WIB, oleh para santri yang dibantu oleh masyarakat sekitar dan dipandu oleh ustadz Bagus hafidzohullah.

Adapun jumlah hewan qurban yang masuk berjumlah 5 ekor sapi dan 14 ekor kambing.

Kegiatan pemotongan hewan qurban berjalan dengan lancar, sebagian santri mengatakan bahwa kegiatan qurban ini menjadi pengalaman pertama mereka untuk ikut terjun langsung menyembelih hewan qurban, “ini menjadi pengalaman pertama bagi ana untuk terjun langsung menyembelih hewan qurban, tentu ini menjadi bekal yang sangat penting ketika nanti terjun di masyarakat” ungkap salah seorang santri.

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban selesai pada pukul 10.30 WIB, daging dan hati yg sudah dipisah langsung diperiksa oleh pegawai dari Dinas Kesehatan berkaitan dengan ramainya virus PMK dan cacing hati. Alhamdulillah, semuanya terbebebas dari virus atau cacing tersebut.

Setelah itu, tahapan pengemasan dan pendistribusian. Untuk jumlah penerima daging qurban sekitar 335 orang, terdiri dari para asatidz karyawan Tunas Ilmu, tokoh masyarakat, dan warga sekitar. Adapun untuk pengambilan daging qurban di stand yang telah disediakan di depan masjid Manarul Ilmi dengan menggunakan kupon yang sudah dibagikan

Sekian berita seputar qurban Pondok Pesantren Tunas Ilmu, kami sampaikan jazakumullah khairan kepada semua pihak yang ikut andil dalam kegiatan qurban ini, semoga menjadi penambah timbangan amal kebaikan di hari kiamat nanti. Amiin.