Serial Fiqih Doa dan Dzikir No: 206 – DOA MASUK RUMAH Bag-3

Serial Fiqih Doa dan Dzikir No: 206

DOA MASUK RUMAH Bag-3

Pada pertemuan sebelumnya telah dibahas beberapa redaksi doa masuk rumah. Berikut ini adalah doa lain yang diriwayatkan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam untuk dibaca saat masuk rumah. Yaitu membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ ‌خَيْرَ ‌الْمَوْلَجِ، وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ، بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا، وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allôhumma innî as’aluka khoirol mauliji, wa khoirol makhroji. Bismillahi walajnâ, wa bismillah khorojnâ, wa ‘alâ Robbinâ tawakkalnâ”.

Dalil Landasan

Diriwayatkan dalam sebuah hadits,

إِذَا وَلَجَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ، فَلْيَقُلْ: اللَّهُمَّ إِنِّي ‌أَسْأَلُكَ ‌خَيْرَ ‌الْمَوْلَجِ، وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ، بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا، وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا، ثُمَّ لِيُسَلِّمْ عَلَى أَهْلِهِ

Jika seseorang masuk rumahnya, hendaklah ia mengucapkan, “Allôhumma innî as’aluka khoirol mauliji, wa khoirol makhroji. Bismillahi walajnâ, wa bismillah khorojnâ, wa ‘alâ Robbinâ tawakkalnâ” (Ya Allah, sungguh aku memohon kepadaMu kebaikan masukku dan kebaikan keluarku. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan aku keluar. Serta kami bertawakal hanya kepada Tuhan kami). Kemudian hendaklah ia mengucapkan salam kepada keluarganya”. HR. Abu Dawud (no. 5096). Hadits ini dinilai hasan oleh Ibn Muflih dan Ibn Baz. Namun dinilai dha’if oleh al-Munawiy dan al-Albaniy.

Renungan Kandungan

Hadits di atas mengajarkan kita untuk senantiasa meminta kebaikan dalam setiap aktivitas yang kita kerjakan. Contohnya: aktivitas masuk rumah dan keluar rumah. Kita memohon kepada Allah agar masuknya kita ke rumah mendatangkan kebaikan, entah untuk urusan dunia kita maupun urusan akhirat. Kita berharap mendapatkan kehangatan, keamanan dan ketentraman bersama keluarga. Bisa beristirahat dengan baik setelah seharian beraktivitas di luar. Mampu menjalankan ibadah dengan tenang.

Selain itu, kita juga memohon kebaikan saat keluar rumah. Agar mendapatkan rizki yang berkah, ilmu yang bermanfaat, keselamatan dari marabahaya dan kebaikan-kebaikan lainnya.

Agar keinginan tersebut tercapai, maka kita perlu memohon pertolongan dari Allah. Karena itulah kita mengucapkan basmalah dan mengikrarkan ketawakalan kepada Allah. Sebab tanpa bantuan dari Allah, kita tidak bisa melakukan apapun. Betapa banyak orang yang masuk rumah, tiba-tiba jatuh tak sadarkan diri. Juga tidak sedikit orang yang baru beberapa langkah keluar rumah, mendadak mengalami kecelakaan tertabrak mobil.

Sesudah membaca doa di atas, kita dianjurkan untuk mengucapkan salam. Pembahasan tentang salam telah dijelaskan pada Serial Fiqih Doa dan Dzikir No: 205.

Redaksi hadits di atas berbunyi “Jika seseorang masuk rumahnya”. Disebutkannya kata rumahdi sini; karena tempat yang paling sering kita masuki adalah rumah. Sehingga doa di atas juga dianjurkan untuk dibaca manakala kita masuk tempat-tempat lain. Semisal toko, penginapan, tenda, kantor, juga rumah orang lain yang kita kunjungi.

✍️ Pesantren “Tunas Ilmu” Kedungwuluh Purbalingga, 22 Rabi’uts Tsani 1445 / 6 Nopember 2023

Terinspirasi dari (75) الذكر عند دخول المنزل ‏ – الموقع الرسمي للشيخ أ. د. خالد السبت (khaledalsabt.com).