Serial Fiqih Pendidikan Anak – No: 184 – Memberikan Kepercayaan Pada Anak

Menaruh kepercayaan pada anak maupun remaja masih sulit dilakukan sebagian orang dewasa. Padahal, hal yang dipandang kecil ini ternyata merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam membentuk kepribadian, kesehatan dan kesuksesan anak. Kepercayaan orangtua bukan hanya sekadar memberi izin atau tidak melarang anak melakukan sesuatu. Tetapi juga memberi dukungan, dorongan dan penghargaan atas hal positif yang dilakukan anak.

Di antara praktek Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam memberikan kepercayaan kepada anak adalah: mempercayainya untuk menyimpan rahasia. Abdullah bin Ja’far radhiyallahu ‘anhu bercerita, “Pada suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memboncengkanku di belakangnya. Lalu beliau membisikkan padaku suatu pembicaraan, dan aku tidak akan menceritakannya kepada orang lain”. HR. Muslim (no. 342).

Tentunya dalam memberikan kepercayaan kepada anak ada tahapannya. Berdasarkan usia anak, juga level tugas yang dipercayakan kepadanya.

Berikut beberapa alasan betapa pentingnya orang tua memberikan kepercayaan pada anak:

  1. Kepercayaan membuat anak lebih sehat secara mental

Anak yang merasa dipercaya oleh orangtuanya akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi; karena mereka merasa dihargai dan diakui kemampuannya. Mereka juga akan lebih bahagia, optimis dan termotivasi; sebab mereka merasa didukung dan diberi kesempatan untuk mengekspresikan diri. Selain itu, anak yang dipercaya akan lebih mampu mengatasi stres, kesulitan dan masalah; karena mereka memiliki keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan.

  1. Kepercayaan mengasah keterampilan sosial anak

Anak yang dipercaya oleh orangtuanya akan belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain secara lebih baik, menghormati perbedaan dan bekerja sama. Mereka juga akan lebih mudah bersahabat, berbagi, dan menolong; karena mereka merasa nyaman dan percaya dengan orang lain.

  1. Kepercayaan mempererat hubungan orangtua dan anak

Kepercayaan orangtua tidak hanya bermanfaat bagi anak, tetapi juga bagi orangtua itu sendiri. Kepercayaan orangtua dapat mempererat hubungannya dengan anak; karena membuat mereka lebih dekat, lebih terhubung, dan lebih saling mencintai. Anak yang dipercaya oleh orangtuanya akan lebih mudah berkomunikasi, bercerita dan meminta bantuan; sebab mereka merasa dimengerti dan dihormati. Mereka juga akan lebih menghargai, menghormati dan mendengarkan orangtuanya; karena mereka merasa diperlakukan sebagai mitra dan teman.

  1. Kepercayaan mendorong pertumbuhan dan pembelajaran anak

Anak yang dipercaya oleh orangtuanya akan lebih berani mencoba hal-hal baru, mengambil risiko terukur dan belajar dari kesalahan. Mereka juga akan lebih kreatif, inovatif dan penasaran; karena mereka merasa diberi peluang dan didorong untuk mengeksplorasi hal-hal baru yang baik. Kepercayaan orangtua dapat meningkatkan potensi dan bakat anak, serta membuka peluang dan kesempatan bagi mereka.

  1. Kepercayaan membantu anak menjadi mandiri dan bertanggung jawab

Anak yang dipercaya oleh orangtuanya akan lebih mampu mengurus diri sendiri, mengatur waktu, dan menyelesaikan tugas. Mereka juga akan lebih sadar akan konsekuensi, batasan dan aturan; karena mereka telah belajar dari pengalaman dan kesalahan.
Mereka juga akan lebih bertanggung jawab atas pilihan dan tindakan mereka; sebab mereka merasa diandalkan dan diharapkan. Kepercayaan orangtua dapat mempersiapkan anak untuk menghadapi tantangan dan peluang di masa depan.

✍️ Pesantren “Tunas Ilmu” Kedungwuluh Purbalingga, 29 R. Tsani 1445 / 13 Nopember 2023