Serial Karakter Pemimpin Ideal No: 2 – Pemimpin Harus Kuat Fisiknya

Oleh Abdullah Zaen, Lc., MA

Allah subhanah menyampaikan penuturan salah satu Nabi yang diutus di kalangan Bani Israil, saat menjelaskan latar belakang Thalut dipilih oleh Allah sebagai pemimpin mereka,

“قَالَ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَاهُ عَلَيْكُمْ وَزَادَهُ بَسْطَةً فِي الْعِلْمِ وَالْجِسْمِ”

“(Nabi mereka) berkata, “Sesungguhnya Allah telah memilihnya menjadi (raja) kalian dan menganugerahinya kelebihan ilmu dan fisik.” QS. Al-Baqarah (2): 247.

Fisik yang kuat sangat diperlukan oleh pemimpin. Sebab tugas kepemimpinan itu membutuhkan kekuatan ekstra. Bagaimana tidak, untuk mengurusi istri dan anak di satu rumah saja, kepala keluarga memerlukan energi besar. Apalagi pemimpin negara yang mengurus ratusan juta rumah.

Untuk mengetahui kekuatan fisik pemimpin tidaklah susah. Bisa dilihat dari lahiriahnya. Yakni dari postur tubuhnya dan dari gerakan jalannya.

Postur fisik yang kuat adalah yang bertubuh tegap, tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus. Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam menerangkan,

“بِحَسْبِ ابْنِ آدَمَ أُكُلَاتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ”

“Sebenarnya beberapa suap makanan saja sudah cukup untuk anak Adam; guna menegakkan punggungnya”. HR. Tirmidziy (no. 2380) dan dinilai hasan sahih oleh beliau.

Adapun gerakan jalan yang ideal adalah: yang mantap dan tidak tertatih-tatih. Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu menjelaskan,

“(Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) bila berjalan, maka beliau berjalan dengan tegap, mantap dan bersemangat. Seperti orang yang melalui jalan menurun”. HR. Tirmidziy (no. 3637) dan beliau menyatakan hadits ini hasan sahih.

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma menambahkan,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bila berjalan, beliau berjalan dengan tenang dan tidak terburu-buru. Tidak seperti jalan orang yang lemah maupun pemalas”. HR. Al-Baghawiy dalam Syarhus Sunnah (no. 3354) dan dinilai hasan oleh al-Albaniy.

Banyak orang jahat tidak menghendaki negeri ini dipimpin oleh orang yang baik. Segala makar mereka rancang demi terpilihnya pemimpin yang tidak berkompeten. Untuk itu, selain berikhtiar maksimal, kita juga harus senantiasa berdoa memohon kepada Allah ta’ala agar mengaruniakan pemimpin yang idaman bagi kita semua…

“اللَّهُمَّ وَلِّ عَلَيْنَا خِيَارَنَا، وَاكْفِنَا شِرَارَنا”

“Ya Allah jadikanlah orang-orang baik sebagai pemimpin kami. Dan lindungilah kami dari orang-orang jahat”.

Pesantren “Tunas Ilmu” Kedungwuluh Purbalingga, 24 Rajab 1445 l 5 Februari 2024

AGEN KEBAIKAN
REG:NAMA#JENIS KELAMIN#KOTA = 0812-2291-0404

Facebook
www.facebook.com/UstadzAbdullahZaen/

Telegram
https://t.me/ustadzabdullahzaen

Soundcloud
https://soundcloud.com/ustadzabdullahzaen

Instagram
https://www.instagram.com/abdullahzaenofficial/

Youtube
https://www.youtube.com/c/ustadzabdullahzaenma