Serial Karakter Pemimpin Ideal No: 4 – Pemimpin Harus Amanah

Serial Karakter Pemimpin Ideal – 4
Pemimpin Harus Amanah

Oleh Abdullah Zaen, Lc., MA

Allah ta’ala menukil perkataan putri nabi Syu’aib ‘alaihissalam saat mengusulkan agar mengangkat nabi Musa ‘alaihissalam sebagai pekerja di tempat mereka,

“يَاأَبَتِ اسْتَأْجِرْهُ إِنَّ خَيْرَ مَنِ اسْتَأْجَرْتَ الْقَوِيُّ الْأَمِينُ”

“Wahai ayahku jadikanlah ia (Musa) sebagai pekerja (untuk kita). Sesungguhnya orang yang paling baik yang engkau ambil untuk bekerja (pada kita) ialah orang yang kuat lagi dapat dipercaya“. QS. Al-Qashash (28): 26.

Sekedar bertubuh kuat atau berpengetahuan luas saja tidak cukup, jika tidak diiringi dengan sifat amanah. Sebab maling yang pintar lebih berbahaya dibanding maling yang bodoh. Pencuri yang tubuhnya kuat, dampak kerusakan yang ditimbulkannya lebih besar dibanding pencuri yang tubuhnya lemah. Maka sifat amanah mutlak diperlukan.

Bagaimana kita bisa menilai keamanahan calon pemimpin? Bukankah semua calon hari ini mengklaim dan mempromosikan dirinya di mana-mana sebagai orang yang amanah?

Jawabannya: dilihat dari trackrecordnya saat menjadi pemimpin. Apakah dia menjalankan kepemimpinan tersebut dengan baik sampai tuntas atau tidak? Atau justru jabatan yang telah diamanahkan kepadanya, belum selesai masanya, malah dia tinggalkan, demi mengejar jabatan lain yang lebih tinggi?

Kemudian juga dilihat dari janji-janji yang pernah diobralnya saat masa kampanye dahulu, apakah ditepatinya atau tidak? Alhamdulillah hari ini kita hidup di zaman digital. Di mana jejak-jejak seseorang mudah ditemukan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mewanti-wanti,

“Mukmin yang cerdas itu tidak boleh tersengat binatang berbisa di lubang yang sama dua kali”. HR. Bukhari (no. 6133) dan Muslim (no. 2998).

Banyak orang jahat tidak menghendaki negeri ini dipimpin oleh orang yang baik. Segala makar mereka rancang demi terpilihnya pemimpin yang tidak berkompeten. Untuk itu, selain berikhtiar maksimal, kita juga harus senantiasa berdoa memohon kepada Allah ta’ala agar mengaruniakan pemimpin yang idaman bagi kita semua…

“اللَّهُمَّ وَلِّ عَلَيْنَا خِيَارَنَا، وَاكْفِنَا شِرَارَنا”

“Ya Allah jadikanlah orang-orang baik sebagai pemimpin kami. Dan lindungilah kami dari orang-orang jahat”.

Pesantren “Tunas Ilmu” Kedungwuluh Purbalingga, 24 Rajab 1445 l 5 Februari 2024

AGEN KEBAIKAN
REG:NAMA#JENIS KELAMIN#KOTA = 0812-2291-0404

Facebook
www.facebook.com/UstadzAbdullahZaen/

Telegram
https://t.me/ustadzabdullahzaen

Soundcloud
https://soundcloud.com/ustadzabdullahzaen

Instagram
https://www.instagram.com/abdullahzaenofficial/

Youtube
https://www.youtube.com/c/ustadzabdullahzaenma